Bagi Anda penggunaan sosial media yang ingin mendapatkan penghasilan, bijaksanalah dalam menggunakan sosial media dengan memberdayakannya untuk meningkatkan penjualan.
Womanindonesia.co.id – Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.
Nah, bagi Anda penggunaan sosial media yang ingin mendapatkan penghasilan, bijaksanalah dalam menggunakan sosial media dengan memberdayakannya untuk meningkatkan penjualan. Namun, bagaimana kah caranya? Simak berikut ini:
1. Tentukan Target dan Jenis Media Sosial
Sebelum memulai memasarkan produk Anda di media sosial, alangkah baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait target pemasaran dan jenis media sosial yang akan digunakan. Dengan begitu, pemasaran Anda akan lebih efektif dan produk yang Anda jual bisa laku keras.
Contohnya, saat Anda menjadi penjual barang-barang hypebeast, targetkan pemasaran Anda kepada anak-anak muda yang tinggal di kota besar dan gunakan instagram sebagai medianya. Sebab, biasanya orang-orang yang suka dengan hypebeast pasti akan lebih aktif di sosial media instagram.
2. Buat Konten Video Live
Konten live atau siaran langsung kini menjadi popular dan menjadi salah satu trik untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Bagi Anda yang belum pernah membuat konten live video, kini saatnya Anda mulai mencoba trik ini. Kuncinya adalah percaya diri, jangan malu dan yang penting konten yang Anda buat relevan dengan bisnis Anda.
Caranya, Anda bisa mulai dengan cara sederhana terlebih dahulu, misalnya tentukan dulu produk apa yang akan Anda jadikan tema untuk konten live video di media sosial bisnis Anda. Lalu, buatlah semacam panduan sederhana seperti tentukan berapa lama waktu live-nya, apakah akan ada review produk atau semacam unboxing produk tersebut, hingga hal-hal penting lainnya yang perlu diinfokan kepada follower atau calon konsumen Anda.
3. Menjalin Kerjasama Dengan Influencer
Ada banyak cara instan untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada audiens. Influencer adalah salah satunya. Anda bisa berkolaborasi dengan influencer untuk mengenalkan apa yang Anda tawarkan.
Influencer merupakan tokoh yang populer di media sosial. Umumnya mereka memiliki belasan ribu hingga jutaan follower aktif.
Dengan menggunakan jasa mereka, produk atau jasa Anda berpotensi untuk dikenal oleh ribuan atau bahkan jutaan pengguna di social media.
Namun, Anda harus memilih influencer yang tepat. Pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum memilihnya. Karena semakin banyak follower mereka, harganya pun akan semakin tinggi. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan budget.
4. Perkaya Konten Visual
Konten visual merupakan sebuah daya tarik dalam media sosial. Dengan menggunakan konten visual. Anda dapat meningkatkan keterlibatan follower secara organik di media sosial hingga menjadikan mereka sebagai target market dari bisnis Anda. lantas, bagaimana cara membuat konten visual yang menarik?
Jika Anda ingin membuat follower nyaman dengan konten Anda, buat konten yang dapat menginspirasi mereka untuk melakukan sebuah action. Cobalah untuk memberikan konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, konten yang menyenangkan, mendidik dan informatif.
Misalnya, Anda sedang memasarkan produk kecantikan, Anda tidak harus to the point bahwa Anda menjual produk kecantikan, tetapi Anda bisa berikan konten yang bercerita tentang tren make up yang sedang hits di tahun ini atau konten tentang memilih skin care yang baik untuk kulit konsumen Anda.
Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan dengan sosial media. Semoga bermanfaat!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News