Menata meja kerja dengan baik akan membantu Anda menjadi lebih produktif dan bersemangat dalam bekerja.
Womanindonesia.co.id – Meja merupakan perangkat keras yang tidak hanya menunjang pekerjaan tetapi juga bisa membangkitkan semangat Anda dalam bekerja. Menata meja kerja baik di kantor, atau cafe atau bahkan di rumah juga perlu mempertimbangkan estetika.
Mengapa demikian? Karena meja kerja yang tertata rapi dan menarik tentunya akan mempengaruhi mood Anda.
Menurut survei 2018, 65% pekerja berpikir mereka akan lebih produktif dan bersemangat bekerja dari rumah dibandingkan dengan lingkungan kantor tradisional.
Tetapi bahkan jika Anda memulai bisnis dalam kenyamanan kantor rumah Anda, Anda harus mengakui bahwa lingkungan Anda, dan meja Anda, khususnya, memiliki dampak besar pada produktivitas, kenyamanan dan semangat Anda
Berikut adalah inspirasi menata meja kerja agar lebih bersemangat:
1. Berteman dengan tanaman
Inspirasi menata meja kerja pertama adalah memanfaatkan tanaman hidup. Anda tidak perlu menjadi seorang vegan atau aktivis hippie untuk mengetahui bahwa tanaman sangat bermanfaat bagi lingkungan kita.
Hal yang sama berlaku untuk habitat dalam ruangan kita di mana kita menghabiskan sebagian besar hari kita. Selain memurnikan udara dan menjaga paru-paru Anda tetap bersih dan segar, pot sayuran hijau mengurangi stres dan sebenarnya merupakan pendorong produktivitas yang luar biasa.
Para peneliti di University of Exeter menemukan bahwa memperkaya pengaturan kantor yang sederhana dan minimal dengan tanaman membantu meningkatkan produktivitas sebesar 15%.
Kesimpulan bahwa kantor hijau ditemukan untuk menampung pekerja yang lebih bersemangat dan lebih produktif adalah argumen yang sangat kuat untuk membawa beberapa penghijauan ke dalam ruang kerja kita.
Selain itu, tanaman pot adalah cara sederhana dan bagus untuk mendekorasi meja Anda, yang pada gilirannya akan mencerahkan semangat Anda. Jika Anda tidak benar-benar diberkahi dengan jari hijau, Anda selalu dapat memilih opsi perawatan rendah seperti sukulen, lidah buaya, tanaman giok, palem ruang tamu, dracaena, atau tanaman ular.
2. Menata alat kantor dengan rapih
Inspirasi menata meja kerja kedua menata alat kantor dengan rapih. Ini mungkin bukan kejutan besar, tetapi bagi mereka yang membutuhkan penguatan newsflash! Anda tidak bisa menjadi diri Anda yang paling produktif jika Anda menghabiskan 15 menit setiap hari mencari stapler Anda.
Meja yang tidak teratur merusak produktivitas Anda seperti halnya mempengaruhi rekan kerja Anda, seperti yang diungkapkan statistik ini.
Sebanyak 41% pekerja kantor yang disurvei percaya bahwa ruang kerja yang rapi sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan, selain itu juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipromosikan.
Tidak hanya itu pada saat Anda pensiun, Anda akan menyia-nyiakan hari-hari dalam hidup Anda yang berharga untuk mencari barang-barang yang hilang, tetapi kekacauan yang berlebihan di meja Anda juga dapat menyebabkan tingkat stres Anda.
Dengan kata lain, meja yang berantakan bukanlah sesuatu yang harus Anda biarkan meluncur. Dalam jangka panjang, hal itu dapat menyebabkan beban mental yang berlebihan dan membuat kebiasaan menunda-nunda yang tidak produktif menjadi lebih buruk.
Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus membiarkan meja Anda dilucuti dari barang apa pun. Kunci meja yang terorganisir adalah sebuah sistem. Tentukan tempat khusus untuk pena, alat tulis, catatan tempel, folder, dan dokumen.
Manfaatkan pelabelan untuk menyortir dokumen Anda. Di penghujung hari, luangkan 3 menit untuk meletakkan semuanya di tempatnya, jaga agar setidaknya 80% meja Anda terlihat. Dengan begitu Anda akan memulai hari kerja Anda dengan meja yang teratur dan pikiran yang terorganisir.
3. Gunakan warna yang memotivasi Anda
Inspirasi menata meja kerja ketiga pilihlah warna yang Anda sukai. Berbicara tentang warna, itu adalah fakta yang terkenal bahwa warna memiliki dampak psikologis pada suasana hati dan produktivitas kita.
Sebagian besar desain kantor menampilkan warna-warna netral dan bahkan kusam, yang dengan mudah menjelaskan mengapa kami tidak terlalu antusias bekerja keras di lingkungan seperti itu.
Menurut psikolog warna , warna primer merah, biru, hijau dan kuning yang membentuk semua nada lainnya, masing-masing memiliki efeknya sendiri pada fungsi kognitif kita dan lebih cocok untuk situasi yang berbeda.
Gunakan warna merah untuk meningkatkan produktivitas jika Anda berada dalam pekerjaan yang menuntut fisik, yang sangat cocok untuk profesi seperti pedagang, pelatih pribadi, dan pekerja fisik.
Biru yang menenangkan membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan brilian untuk menyelesaikan tugas administratif atau proyek yang membutuhkan fokus maksimal. Tambahkan percikan warna kontras oranye jika Anda membutuhkan inspirasi ekstra.
Namun, warna kuning optimis memberi energi pada kreativitas dan cocok sebagai dorongan produktivitas bagi para inovator atau pengusaha. Sedangkan hijau sangat cocok jika Anda melakukan yang terbaik di lingkungan kerja yang tenang.
Meskipun Anda mungkin tidak memiliki kemungkinan untuk memilih meja atau kursi Anda, apalagi mengecat dinding, Anda masih bisa membawa percikan warna favorit Anda untuk menghibur Anda.
Temukan alas meja anti selip berwarna-warni, letakkan tanaman pot Anda di pot tanaman yang cerah atau pilih mug mencolok yang memberi energi seperti yang Anda butuhkan.
Gabungkan warna-warna yang membuat Anda merasa nyaman dengan dekorasi Anda dan jadikan ruang kerja Anda sebagai tempat yang menyenangkan.
4. Pilih tempat terbaik
Inspirasi menata meja kerja keempat adalah pilihlah tempat terbaik. Dalam hal melakukan pekerjaan Anda dengan benar dan merasa baik, pencahayaan yang tepat sangat penting. Aktivitas yang berbeda membutuhkan jenis pencahayaan yang berbeda.
Apa yang berhasil untuk orang yang mengedit atau mengoreksi warna video tidak akan berfungsi dengan baik jika Anda berurusan dengan teks atau lembaran angka yang membosankan. Cari tahu pencahayaan yang tepat untuk pekerjaan yang Anda lakukan dan lihat bagaimana Anda dapat menerangi ruangan Anda sesuai dengan itu.
Cahaya alami juga merupakan kuncinya, karena sinar matahari dapat sangat meningkatkan keceriaan ruangan. Jika Anda dapat memilih tempat Anda bekerja, cobalah untuk memilih tempat yang memiliki jendela di dalamnya.
Anda dapat mengukur pencahayaan dan kondisi penting lainnya untuk pekerjaan produktif, seperti kebisingan, kelembaban, suhu, dan CO2, dengan gadget kantor yang ramping ini Luxafor Meteo. Ini akan memberi tahu Anda jika ruang kerja Anda mencapai kondisi yang sempurna untuk kesehatan yang lebih baik dan produktivitas yang lebih tinggi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News