WomanIndonesia.co.id – Restoran bergaya Jepang HokBen, menjalin kerjasama dengan PT Gramedia Asri Media dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) literasi dalam bentuk sumbangan rak buku dan ribuan buku bacaan untuk 35 titik Taman Baca Masyarakat (TBM) di Indonesia.
Pemilihan jumlah total 35 titik TBM yaitu sebagai simbol dimana HokBen akan memasuki usia 35 tahun pada bulan April 2020 yang akan datang. “Pemberian bantuan rak dan buku-buku bacaan ini kami harapkan bisa ikut mendukung peningkatan literasi masyarakat dan pendidikan di Indonesia,” kata
Paulus Arifin Direktur Utama PT Eka Bogainti dalam keterangan persnya.
HokBen yang diwakilkan Francisca Lucky, Marketing Communication Group Head PT Eka Bogainti mengalokasikan dana CSR sebesar Rp704.372.620,- yang diserahkan langsung kepada Ida Bagus Kade Syumanjaya selaku Elex Fiction and Non Books Manager untuk direalisasikan dalam wujud bantuan tersebut.
Lucky mengatakan, sejak dimulainya kegiatan CSR di tahun 2001, pihaknya terus mengembangkan program CSR khususnya dalam bidang pendidikan. “Pengembangan program CSR sejalan dengan perkembangan HokBen, dimana saat ini sudah memiliki 166 store dan segera membuka di daerah baru yakni Kota Medan dan Pekan Baru,” katanya di Jakarta, Senin (20/1).
‘Share to Love’ ‘Love to Share’ adalah slogan CSR HokBen. Program CSR HokBen ditopang oleh dua pilar, yakni: “HokBen Cinta Pendidikan” dan “HokBen Berbagi dengan Sesama”.
Pendidikan dan Berbagi dengan Sesama dipilih karena HokBen meyakini bahwa pendidikan adalah hal penting yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya, sedangkan ‘berbagi dengan sesama’ sejalan dengan slogan CSR HokBen.
Program CSR dari ‘HokBen Cinta Pendidikan’ antara lain Beasiswa Anak Petani Vendor Sayur HokBen, Beasiswa Anak Karyawan, Kejar Paket C dan lainnya. Sedangkan ‘HokBen Berbagi dengan Sesama’ memiliki program rutin Donor Darah (internal dan eksternal) dan Buka Puasa bersama Anak Yatim.
Dengan dua pilar tersebut, HokBen berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang konsisten menunjukkan tanggung jawabnya dalam membangun masyarakat sekitar.
HokBen sebagai anggota APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia) ingin turut mendukung dalam mewujudkan hak anak atas pendidikan, dengan memberikan bantuan aneka buku bacaan melalui Taman Baca Masyarakat. “Maka kami harapkan anak anak Indonesia makin tinggi minat bacanya dan pengetahuannya makin bertambah,” tutup Lucky.
Dalam penyaluran sumbangan rak buku dan ribuan buku bacaan ke 35 TBM tersebut, PT Gramedia Asri Media menggandeng #AkuBaca, sebuah platform gerakan literasi yang diinisiasi dan dikelola oleh Kompas Gramedia (induk perusahaan PT Gramedia Asri Media).
Sejak diinisiasi tahun 2017, #AkuBaca, yang mengusung tagline Gerakan Literasi Nusantara, telah melakukan berbagai program peningkatan literasi, baik itu gerakan penyadaran membaca atau peningkatan akses bacaan, untuk lebih dari 300 TBM yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini merupakan secercah upaya untuk turut mendorong tumbuh-kembang TBM yang berjumlah ribuan di Indonesia.
Program sumbangan rak buku dan ribuan buku bacaan ini dikhususkan untuk TBM yang belum atau jarang menerima bantuan dari pihak swasta. 35 Titik TBM yang dipilih tersebar di pulau Sumatera, Jawa dan Bali.
Ida Bagus Kade Syumanjaya, mewakili PT Gramedia Asri Media menyampaikan apresiasi atas kerjasama program CSR dengan HokBen sangat. Karena turut mendukung peningkatan literasi dan pendidikan anak-anak Indonesia.
“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari HokBen untuk program CSR berbasis pendidikan ini dan semoga kerjasama ini bisa terjalin dengan baik dan memberikan manfaat positif bagi sekitar kita,” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News