Demikian pula keberadaan terminal di tiga kota tersebut juga sekarang sudah memadai sebagai tempat tujuan dan keberangkatan bus umum antarkota. Terminal Mangkang di Semarang, Terminal Tirtonadi di Solo, Terminal Bulupitu di Purwokerto. Belum lagi ada sejumlah terminal tipe A lain yang sudah memadai secara operasional, seperti Terminal Bawen, Terminal Bobotsari (Purbalingga), Terminal Ir. Soekarno (Klaten), Terminal Tingkir (Salatiga), Terminal Pemalang, Terminal Pekalongan, Terminal Kudus, Terminal Kebumen, Terminal Cilacap, Termonal Wonosobo, dan Terminal Purworejo.
Di Yogyakarta selain sudah ada 17 trayek Trans Yogya yang dioperasikan Pemprov. DI Yogyakarta, sejak tahun 2020 ada tambahan 3 koridor Trans Yogya yang mendapat bantuan operasional Ditjenhubdat, Kemenhub.
Di Surabaya, Ditjenhubdat sudah beroperasi Bus Trans Semanggi Surabaya sejak 1 Januari 2022. Selain sudah beroperasi Suroboyo Bus dengan anggaran Pemkot. Surabaya.
Bus Trans Banyumas, Bus Batik Solo Trans, Bus Trans Yogya dan Bus Semanggi Surabaya melayani mulai jam 05.00 hingga jam 21.00.
Memang kebutuhan fasilitas transportasi umum di daerah belum dapat menjangkau keseluruhan wilayah, terlebih ke pedesaan. Paling tidak, sejumlah fasilitas transportasi umum yang sudah terbangun dua tahun terakhir di daerah sudah dapat membantu para pemudik melakukan mobilitas selama masa mudik di daerah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News