Womanindonesia.co.id – Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya perawatan kulit terus meningkat, baik di kalangan perempuan maupun laki-laki. Namun, seiring bertambahnya minat, pemahaman yang mendalam tentang perawatan kulit yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit masih sering kurang. Akibatnya, hasil yang diharapkan dari penggunaan produk perawatan kulit sering tidak tercapai.
Menurut ZAP Beauty Index 2024, sebanyak 76,4% perempuan Indonesia mencari rekomendasi produk kecantikan melalui media sosial, terutama Instagram. Selain itu, pengaruh dari ulasan di media sosial (49,6%), teman (42,8%), dan keluarga (23,2%) turut menjadi faktor yang menentukan dalam memilih produk perawatan kulit. Ini menunjukkan bahwa keputusan konsumen masih lebih dipengaruhi oleh opini daripada pemahaman mendalam mengenai kebutuhan kulit mereka.
Menanggapi tantangan ini, Perfect Corp., perusahaan teknologi kecantikan dan fesyen yang berbasis pada AI dan AR, memperkenalkan solusi terbaru untuk membantu konsumen dan brand memahami kebutuhan kulit dengan lebih baik. AI Skin Analysis merupakan inovasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis kondisi kulit konsumen dengan akurasi tinggi, memberikan rekomendasi produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.
Alice Chang, Founder dan CEO Perfect Corp., menekankan bahwa inovasi ini merupakan langkah maju dalam memberikan pengalaman yang lebih personal bagi konsumen. “Kami sangat senang dapat memperkenalkan AI Skincare Product Recommendation sebagai solusi otomatis yang mempercepat dan menyederhanakan proses rekomendasi produk perawatan kulit,” ujar Alice dalam keterangan persnya baru-baru ini.
“Dengan teknologi ini, brand tidak hanya dapat lebih efisien dalam melayani konsumen, tetapi juga dapat memberdayakan mereka untuk memilih produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit mereka,” tambahnya.
Dengan fitur AI Skincare Product Recommendation, brand dan peritel kini dapat mengotomatisasi penentuan kategori produk perawatan kulit yang sesuai dengan masalah kulit tertentu. Proses yang sebelumnya membutuhkan waktu lama kini hanya memerlukan beberapa klik di Perfect Console. Ini memungkinkan brand untuk merilis produk ke pasar dengan lebih cepat, sekaligus memberikan rekomendasi yang lebih tepat kepada konsumen.
Penggunaan teknologi AI juga memudahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang produk skincare. Chang menambahkan, “Dengan memangkas langkah-langkah manual yang memakan waktu, kami membantu brand dan peritel fokus pada inisiatif pertumbuhan dan strategi mereka, sekaligus mempercepat waktu rilis produk di pasar.”
Inovasi yang dihadirkan Perfect Corp. ini diharapkan dapat merevolusi cara konsumen memilih produk perawatan kulit serta meningkatkan efisiensi bagi brand dan peritel dalam menyusun strategi pemasaran.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News