Womanindonesia.co.id – Sarinah telah lama menjadi bagian dari ekonomi kreatif. Terbukti, Sarinah menjadi mediator berbagai konten dan brand lokal ke market internasional. Di ajang Sarinah Jakarta Content Week 2021 secara offline 1 – 12 Desember mendatang, menghadirkan rangkaian amal untuk Nggela dan dan Pre-Launch Manusia Harum – brand lokal dengan tajuk “Dari Jakarta untuk Nggela dan Dari Jakarta Menuju Paris Fashion Week.
Acara tersebut sebagai Road to Sarinah ini merupakan implementasi dari semangat “Embracing Local Creative Movement”. Nggela adalah desa adat di Flores, NTT yang pada tahun 2018 mengalami kebakaran.
Kegiatan amal yang dibalut dengan fashion show dan lelang fashion koleksi Kami Latu x Batin yang diolah dari kain tenun karya ibu-ibu di desa Nggela ini bertujuan untuk memberikan dukungan pembangunan rumah adat yang terbakar dan pengembangan ekonomi masyarakat Nggela.
Sedangkan Manusia Harum (Ambarjanma), adalah kolaborasi Adraworld dengan HMNS, merek parfum Indonesia yang terinspirasi dari situasi kebingungan yang diciptakan oleh banyaknya berita palsu yang tarafnya sudah sampai pada merusak.
Di dalam Manusia Harum ini, HMNS membuat revolusi dalam wewangian dengan menciptakan impossible scent dengan menghadirkan dua aroma parfum yang berbeda dalam satu kemasan yang penggunaannya pun perlu dikombinasikan dari dua aroma tersebut. Fashion kreasi Adra dan Manusia Harum akan hadir di Paris Fashion Week 2022.
Wadah Bagi Brand Lokal
Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati dalam road to Sarinah, Kamis (2/12) berharap acara dan momen ini dipergunakan secara maksimal oleh para konten kreator lokal dan pemilik usaha kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari komunitas Sarinah.
Di mana, wajah baru Sarinah ke depannya adalah menjadi Community Mall yang artinya bisnis Sarinah ke depan akan bergantung pada kreatifvitas dan keterlibatan komunitas. Sehingga wajah baru Sarinah nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan generasi milenial untuk belajar dan menjadi community mall,” ujar
Saat ini semakin banyak konten serta brand lokal yang berkualitas dan berhasil membangun narasi yang bisa menjadikan brand dan konten tersebut dapat bersaing di kancah global.
“Untuk itulah dalam rangka Road to Sarinah, maka diselenggarakan Sarinah Jakarta Content Week 2021 (Sarinah Jaktent) yang berlangsung luring bertempat di Sarinah, yang berlokasi di Jalan MH. Thamrin Jakarta pada 1-12 Desember 2021,” kata Fetty.
Ajang ini akan menampilkan diskusi, pemutaran film, pameran, charity auction, dan aktivitas seru lainnya yang disusun programnya oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji (YTPI) dan Frankfurt Book Fair sebagai inisiator Jaktent sejak 2020. Dukungan dana atas acara ini diberikan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT. Sarinah (Persero) dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.
Sedangkan kolaborasi penyelenggaraan datang dari Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Indonesia Creative City Network (ICCN). Adapun tamu khusus untuk keseluruhan acara ini adalah kehadiran perwakilan negara Jerman yang disponsori oleh Kementerian Luar Negeri Jerman.
Ketua YTPI Andhika Permata, mengatakan sebagai pemrakarsa kemunculan event Jaktent, kami sangat bangga bisa berkolaborasi dengan banyak pihak terutama dengan PT Sarinah (Persero) dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dalam kemunculan Sarinah Jakarta Content Week 2021.
Dengan kolaborasi banyak pihak termasuk brand lokal, kami dari Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair berharap momen Road to Sarinah ini berhasil menjadi titik tolak perjalanan teman-teman di industri kreatif untuk menampilkan konten-konten lokal itu di tataran global,” ujar Laura.
“Sarinah telah lama menjadi bagian dari ekonomi kreatif yang membanggakan di Jakarta. Tentu saja kami sangat bangga menjadi bagian dari acara ini untuk menandai sejarah kemunculan wajah baru Sarinah yang ke depannya kami yakin akan lebih mampu memajukan ekonomi kreatif di Jakarta dan Indonesia,” kata Andhika.
Keseluruhan acara luring yang berlangsung dari 1-12 Desember 2021 di Sarinah ini masih merupakan bagian dari Sarinah Jaktent 2021 yang telah berlangsung secara daring pada 10-14 November 2021 yang berhasil menggelar 170 acara dan akan menggelar 40 acara luring serta 8 acara daring pada Desember 2021.
Acara daring tersebut masih bisa dinikmati masyarakat dengan terlebih dahulu mendaftar melalui website jaktent hingga akhir Desember 2021. Selama acara luring di Sarinah, masyarakat juga bisa menikmati segmen acara The Market dan Icon yang menghadirkan kompetisi dan ajang cosplay.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News