WomanIndonesia.co.id – Unilever Food Solutions melalui merek, Bango mengumukan lima pemenang kompetisi “Bango Penerus Warisan Kuliner 2019” di Jakarta Kamis (22/8) di Jakarta.
Kelima pemenang tersebut yakni Renata – Zoraifi Pukis Badran Topping Daging Sapi (Solo), Riswah Yuni – Ayam Bakar Madu Salakilo (Balikpapan), Numalita Selpiani – lga Gongso Warung Gongso (Solo), Merry Christina – Lim Iga Bakar Nyakk Merry (Semarang), dan Doni Damara – Ikan Mas Bakar Donto Sau San (Tasikmalaya).
Masing-masing pemenang mendapatkan uang tunai sebesar Rp100 juta sebagai modal pengembangan usaha. Para pemenang siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.
Joy Tarigan selaku Managing Director Unilever Food Solutions menuturkan, bahwa saat ini, jumlah total pasar layanan makanan atau foodservice di Indonesia memiliki pertumbuhan sebesar 9% per tahun, dengan nilai mencapai Rp 844,35 triliun di tahun 2019, dimana 90%nya merupakan restoran independen, termasuk UMKM.
“Merupakan sebuah kehormatan bagi Bango, brand kebanggaan Indonesia yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang berkualitas telah menemani para Chef dan banyak pengusaha kuliner dalam mempertahankan kualitas hidangan mereka sehingga usaha mereka terus tumbuh dan berkembang,” kata Tarigan pada konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.
Lebih lanjut ia mengatakan kemampuan para pengusaha untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dapat menjadi faktor penting untuk mengembangkan bisnis mereka secara lebih signifikan.
“Di kompetisi ’Bango Penerus Warisan Kuliner 2019’ ini kami membekali para pelaku usaha kuliner mengenai pemanfaatan platform digital guna memajukan usaha sekaligus menjaga kelestarian warisan kuliner Nusantara,” lanjut Joy.
Lebih dari 10.000 pengusaha kuliner nusantara telah mengikuti kompetisi ini dengan mendaftarkan usaha mereka melalui situs peneruskuliner.com. Sebanyak 24 finalis kemudian terpilih berdasarkan jumlah voting terbanyak, kesesuaian hidangan, dan cerita terbaik.
Selanjutnya, dewan juri yang terdiri dari Vita Datau, Chef Ragil Imam Wibowo, dan perwakilan Unilever Food Solutions telah memilih lima pemenang dalam acara final yang diadakan di Jakarta pada 21 Agustus 2019.
Uniknya, selain mengikuti proses penjurian, ke-24 finalis berhak mengikuti rangkaian workshop untuk kemajuan usaha mereka, yaitu Digital Marketing Workshop oleh Gilang Margi, salah seorang pelaku kuliner yang meraih sukses melalui digital marketing berupa pengenalan strategi digital marketing khususnya di media sosial.
Tidak hanya itu, mereka juga akan mengikuti Culinary Story-telling Workshop oleh Ade Putri Paramadita, seorang food storyteller ternama Indonesia berupa materi dan praktek mengenai pentingnya membangun narasi yang kuat dan unik guna mendukung strategi digital marketing.
“Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat terus membantu memberikan wadah dan kesempatan seluas-luasnya bagi para pengusaha kuliner nusantara untuk bisa lebih sukses dan dikenal, terutama melalui patform digital,” tutur Joy.
Guna memberikan manfaat yang lebih luas, ia mengajak seluruh pengusaha kuliner untuk mengakses semua materi workshop ini dengan mengunjungi unileverfoodsolutions.co.id.
Di situs ini, terdapat pula berbagai ide, kreasi, dan informasi seputar bisnis kuliner yang akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News