Womanindonesia.co.id – Andre Taulany, bintang komedi menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi toko-toko tradisional di Indonesia yang semakin tidak layak dan kurang nyaman bagi pelanggan.
“Saya prihatin melihat banyak toko tradisional kondisinya kurang layak. Kondisi ini akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan ketika berbelanja di toko tersebut. Belum lagi, kondisi seperti ini dapat mengurangi minat belanja konsumen dan mungkin berdampak pada berkurangnya penghasilan para pemilik toko,” ungkap Andre Taulany saat menghadiri acara NEO Pejuang Rejeki Peduli UMKM 2024 di Jakarta, Senin (26/8).
Toko tradisional sebagai bentuk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah bagian penting dari perekonomian di Indonesia, karena seringkali mereka adalah penjual terdekat dari kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat, meski belakangan ini kemunculan besar pusat perbelanjaan membuat persaingan menjadi lebih ketat.
Sementara itu, UMKM biasanya menghadapi permasalahan terkait modal, skill, dan pengelolaan. Akan tetapi, yang lebih dari itu, banyak toko tradisional, atau bisnis jenis kecil lainnya, menghadapi masalah terkait manajemen dan pemeliharaan kondisi toko yang baik. Ini akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan ketika berbelanja dan durasi tetap terbukanya toko yang bisa mempengaruhi pendapatan.
Andre Taulany yang juga merupakan Brand Ambassador NEO rheumacy turut memberikan dukungan kepada program CSR NEO Pejuang Rejeki sebagai bentuk perhatian pada UMKM di Indonesia.
“Saya dukung banget renovasi toko tradisional dari NEO rheumacyl melalui program CSR NEO Pejuang Rejeki Peduli UMKM. Kita harus dukung kemajuan UMKM Indonesia dan para pejuang rejeki di luar sana yang berjuang untuk menghidupi keluarganya,” ujar Andre.
Menghadapi kondisi ini, terutama setelah pandemi, melemahkan dan membuat kerugian pada sebagian besar pelaku usaha di Indonesia, menjadi semakin kompleks dan membutuhkan perhatian serius.
Dalam situasi saat ini, yang telah meningkatkan sulitnya peluang bisnis, adalah menjadi hal penting bagi pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat Indonesia untuk terus mendukung dan memberikan perhatian terhadap perkembangan UMKM, terutama dalam hal manajemen dan pemeliharaan toko atau tempat usaha.
PT Tempo Scan Pacific Tbk, perusahaan swasta nasional dengan salah satu brand unggulan, NEO rheumacyl, memberikan dukungan kepada UMKM di Indonesia melalui kegiatan korporasi sosial “NEO Pejuang Rejeki Peduli UMKM”. Di tahun 2024, program CSR memberikan renovasi dan re-branding kepada ratusan toko tradisional yang menderita karena kurangnya pemeliharaan.
Kegiatan ini sebagai bentuk dari upaya NEO rheumacyl untuk membantu pejuang rejeki dalam menjaga kelangsungan usahanya. Toko tradisional sudah menjadi pemandangan yang populer di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari masyarakat, tetapi kebanyakan dari toko-toko tradisional tidak memenuhi standar dalam hal kerapian dan kelayakan bangunan. Hal ini mengakibatkan nyaman tidaknya para pembeli ketika berbelanja yang pada akhirnya bisa mempengaruhi bisnis dari pemilik toko.
“Para pejuang rejeki adalah tulang punggung keluarga, kami ingin mendukung keberhasilan mereka agar dapat tetap aktif dan produktif mengejar rejeki serta selalu semangat dalam menghadapi berbagai tantangan,” ungkap Winny Yunitawati, Managing Director Brand Investment & Consumer Engagement CCHC.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News